11.18.2009

Buat E-mail dan Milis Gratis

Adapun cara membuat e-mail gratis di yahoo.com dan gmail.com adalah sebagai berikut :
    a. e-mail gratis di yahoo.com 
    Pertama-tama buka browser (seperti opera, explorer, firefox, dll) di komputer anda yang terkoneksi dengan internet. Ketikkan alamat (address) website yang memberikan layanan e-mail gratis pada kolom atas yang telah tersedia yaitu “ mail.yahooo.com “. Setelah tampilan “website yahoo” terbuka cari kata yang bertuliskan “sign up” di sebelah kanan anda, tepatnya dipojok kanan anda. Tunggu hingga tampilan berbentuk format formulir muncul. Setelah itu isi formulir yang tersedia sesuai dengan yang dipinta oleh penyedia layanan e-mail gratis tersebut. Ketika semua telah diisi dengan baik, lihat tulisan huruf atau angka yang teracak tidak beraturan bentuknya di kolom paling bawah. Ketik ulang tulisan tersebut di kolom yang tersedia. Kemudian “click” kolom kecil berbentuk bulat bertuliskan “ I agree...”.Tunggu sesaat. Apabila pengisian formulir yang anda lakukan benar, maka akan ditampilkan biodata singkat beserta alamat e-mail baru yang sesuai dengan yang telah anda tuliskan di formulir tersebut dan apabila salah, maka ulangi kembali pengisian formulir tersebut dengan melihat petunjuk yang diberikan oleh penyedia yaitu garis berwarna.
    b. e-mail gratis di gmail.com 
    Langkah pertama dalam membuat e-mail di gmail.com sama seperti membuat e-mail di yahoo.com. Hanya saja alamat e-mail yang dituju adalah www.gmail.com. Setelah alamat tersebut di ketik di browser anda, tunggu sesaat hingga muncul tampilan yang baru. Setelah muncul, lihat dan click kata “sign up” di posisi sebelah kanan paling bawah, kemudian tunggu hingga muncul “create an account”. Disini anda diminta untuk mengisi account sesuai dengan yang diminta. Masih pada tempat yang sama, ketik ulang tulisan yang terdapat pada “word verification”. Selanjutnya click “I accept create my account”.“Congrulations !. you’ve successfully sign up for gmail………”. Kini anda telah memiliki e-mail tersebut. Apabila account anda berhasil dibuat, maka akan muncul tulisan
    Cara membuat mailing list di groups.yahoo.com 
    Adapun langkah pertama yang dilakukan pada saat membuat milis sama seperti yang kita lakukan saat membuat e-mail. Harus ada alamat yang kita tujju. Selain itu anda juga harus terdaftar sebagai members di yahoo, yaitu harus memiliki login yahoo/account email yahoo. Jika anda sudah terdaftar sebagai members maka, untuk memulai membuat milis anda harus masuk ke website www.groups.yahoo.com“Make New Group”. Selanjutnya, ikuti langkah-langkahnya yang sangat mudah hingga selesai. Selamat mencoba ! dan click tombol
    Cara menjadikan teman milis sebagai moderator 
    Pertama-tama anda harus sudah masuk (sign in) ke milis anda. Lalu click “members” pada kolom sebelah kiri. Setelah muncul daftar para anggota, lihat dibawah nama-nama para anggota terdapat tulisan “Edit Membership”. Pilih teman yang ingin anda jadikan moderator, kemudian click tulisan tersebut. Selanjutnya click tulisan “Change to moderator”. Setelah itu akan muncul “Moderator Privileges”. Moderator Privileges adalah hak atau wewenang yang bisa diberikan kepada para moderator. Anda bisa memberikan hak sepenuhnya kepada moderator dengan mamilih semua pilihan yang diberikan pada tampilan tersebut. Penulis hanya menyarankan agar hak “Delete this group” tidak diberikan kepada teman yang akan anda jadikan moderator pada milis yang anda buat. Setelah selesai click tombol “save changes”. Anda dapat melihat perubahan pada daftar members dengan munculnya gambar mahkota berwarna pada teman yang anda jadikan moderator. Selamat mencoba !
      Cara mengundang (invite) pada milis
      Tentunya anda telah masuk (sign ini) ke milis anda sebelum menginvite teman anda, bukan? Oke !
      Misalnya ada 3 alamat e-mail sebagi berikut :
      1. muhammad.mipa@gmail.com
      2. rusmanto@gmail.com
      3. alfi.rahman@gmail.com
      pertama-tama click “invite”. Lalu masukkan ke tiga alamat e-mail diatas kedalam kotak yang telah disediakan. Selanjutnya lihat kotak dibawahnya. Anda dapat memberikan kata-kata sambutan atau gambaran milis anda di kotak tersebut. Terakhir, click “submit invite”.

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar